URGENSI DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MENYIMAK
Oleh: Suci Rizka Fadhilla (20016114)
Henry Guntur Tarigan (2008: 105) membagi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kegiatan menyimak menjadi delapan, yaitu:
1) Faktor fisik, misalnya pada seseorang yang sedang mengalami gangguan telinga, kelelahan, atau pengidap suatu penyakit sehingga perhatiannya kurang.
2) Faktor psikologis, misalnya kurangnya rasa simpati terhadap sang pembicara karena adanya alasan tertentu, kebosanan, kejenuhan, atau sedang mengalami masalah pribadi yang berat.
3) Faktor pengalaman, kurang atau belum adanya pengalaman sedikit pun dalam bidang yang akan disimak juga dapat membuat kurangnya minat seseorang dalam menyimak. Kosa kata asing atau yang belum pernah dimengerti juga berpengaruh dalam proses menyimak.
4) Faktor sikap, kebanyakan orang akan bersikap menerima pada hal-hal menarik dan menguntungkan baginya, tetapi bersikap menolak pada hal-hal yang tidak menarik dan tidak menguntungkan baginya.
5) Faktor motivasi, kebanyakan kegiatan menyimak melibatkan sistem penilaian kita sendiri. Kalau kita memperoleh sesuatu yang berharga dari pembicaraan itu, kita pun akan bersemangat menyimaknya dengan tekun dan seksama.
6) Faktor jenis kelamin, dari beberapa penelitian, beberapa pakar menarik kesimpulan bahwa pria dan wanita pada umumnya mempunyai perhatian yang berbeda, dan cara mereka memusatkan perhatian pada sesuatu pun berbeda pula.
7) Faktor lingkungan, dalam hal ini faktor lingkungan dibagi menjadi lingkungan fisik seperti letak meja dan kursi dalam ruangan, sedangkan faktor lingkungan sosial seperti suasana dan interaksi yang terjadi di lingkungan sekitar.
8) Faktor peranan dalam masyarakat, kemauan menyimak dapat juga dipengaruhi oleh peranan kita dalam masyarakat. Contohnya, jika kita mahasiswa kita diharapkan dapat menyimak dengan seksama dan perhatian daripada karyawan. Begitu pula peranan lainnya.
Jadi, berdasarkan uraian di atas kita mempunyai delapan faktor yang mempengaruhi menyimak menurut Tarigan. Faktor-faktor tersebut akan memberikan dampak dalam menentukan keberhasilan kegiatan menyimak
DAFTAR PUSTAKA
Filsafat, Bangkit. 2019. Keterampilan Berbahasa Menyimak Pidato. Universitas Sebelas Maret: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Tarigan, Henry Guntur. 1993. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Komentar
Posting Komentar